Abstract :
Keberadaan pegawai yang berada diluar kantor pada saat jam
kerjamasih banyak dijumpai, seolah-olah tanggaung jawab dari pada salah satu
lembaga padahal tanggung jawab keberadaan aparatur pemerintah yang ada
didalam maupun diluar kantor pada saat jam kerja merupakan tanggu jawab
bersama untuk mengatasi masalah yang peneliti ketahui tentu dibutuhkan sebuah
koorddinasi supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam penangan dan tanggung
jawab pegawai yang berada diluar kantor.
Penelitian yang bersifat kualitatif, yang menjadi fokus penelitian yaitu 1)
Koordinasi Vertikal, 2) koordinasi Horisontal dan 3) koordinasi fungsional, subjek
penelitian ini sebanyak 9 informen dan teknik pengumpulan data wawancara, obsevasi
dan dokumentasiDalam penelitian kali ini berkaitan dengan judul yang ada yaitu
fungsi koordinasi maka peneliti menggunakan metode penelitian berdasarkan
teorinya inu kencana dimana terdapat tiga bentuk koordinasi yang pertama bentuk
koordiansi Vertikal, bentuk kordinasi horisontal dan koordinasi fungsional.
Tujuan dari pada penelitian untuk mengetahui fungsi koordinasi dalam
meningkatkan disiplin pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep
untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan
fungsikoordinasi dalam pelakasanaan koordinasi dilingkungan pemerintah
kabupaten sumenep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinasi yang dilakukan oleh
masing-masing instansi terkait khususnya BKPP, Inspektorat dan Satuan Polisi
Pamong Praja sudah dilakukan setiap saat tanpa mengenal waktu dari yang
sifatnya kekinian untuk menjaga terjadinya pelanggaran disiplin yang semakin
meluas, sesuai tugas pokok dan fungsi dari masing-masing instansi. Sedangkan
tanggaung jawab pegawai merupakan tanggung jawab bersama dari diri sendiri,
kepada atasan dan atasan kepada atasannya lagi.