Abstract :
Keripik paru sapi merupakan makanan ringan yang sangat enak dan
istimewa. Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang terkenal
dengan industri makanan khususnya keripik paru, yang berada di Desa Pabian. Di
Desa Pabian banyak berdiri unit usaha keripik paru dan Salah satu pengusaha
yang sudah memiliki merek yang telah terdaftar adalah ?Ibu Alim?.
Pengembangan home industri keripik paru pada usaha Ibu Alim menghadapi
kendala khususnya dalam hal pengetahuan, teknologi, pendapatan, serta pola
memajukan dalam memasarkan produkya. Oleh karena itu diperlukan suatu
strategi yang tepat untuk dapat mengembangkan usaha tersebut agar mampu
bersaing dalam merebut pangsa pasar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui strategi
pengembangan home industry keripik paru di Desa Pabian Kecamatan Kota
Kabupaten Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja
(purposive) yaitu pada home industri kecil keripik paru ?Ibu Alim?yang ada di
Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep dengan berbagai pertimbangan
tertentu bahwa pengusaha tersebut sudah dikenal cukup lama dengan produksi
yang cukup banyak serta mempunyai pemasok bahan baku yang tetap.
Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Meteode analisis
yang digunakan adalah analisis SWOT.
Hasil analisis yang dilakukan di ?Ibu Alim) Desa pabian diperoleh hasil
bahwa strategi pengembangan home industry kripik paru dengan analisis SWOT
diketahui bahwa usaha home industry keripik paru di desa pabian kecamatan
sumenep diketahui bahwa faktor lingkungan internal dari kekuatan yang paling
menonjol yaitu Memiliki rasa yang renyah dengan skor 100. Sedangkan dari
faktor lingkungan eksternal dari peluang, skor yang paling tinggi yaitu Harga jual
produk memadai dengan skor 100. Dengan demikian dengan Memiliki rasa yang
renyah serta Harga jual produk memadai pada usaha ?Ibu Alim? mempunyai
kesempatan untuk lebih banyak memproduksi keripik paru dari adanya rasa serta
harga jual produk yang tetap terjaga untuk mendapatkan peluang pasar yang luas.
Dari hasil analisis SWOT yang dilakukan menunjukkan bahwa posisi home
industry keripik paru di desa pabian kecamatan kota kabupaten Sumenep berada
pada kuadran I yaitu Agressive Strategy.
Kata kunci : Strategi Pengembangan, Swot, Keripik Paru