Abstract :
Produk lokal unggulan daerah akan membangkitkan semangat
UMKM dalam menjalankan usahanya dengan menjalin hubungan dan
kerja sama pihak luar. Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan produk
unggulang lokal yang berdaya saing sebagai bentuk peningkatan
kesejahteraan masyarakat namun pada sisi lain mempunyai keterbatasan
dalam memasarkan produknya, dikarenakan isu - isu keterbatasan modal
manusia (SDM), pengetahuan maupun teknologi produksi.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Peningkatkan
Networking Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Demi Terciptanya
Produk Lokal Daerah Yang Berdaya Saing dilaksanakan Dinas Perindustrian
dan Perdagangan Kabupaten Sumenep sedangkan tujuan penelitian untuk
mengetahui Peningkatkan Networking Dalam Mengembangkan Ekonomi
Kreatif Demi Terciptanya Produk Lokal Daerah Yang Berdaya Saing
dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep.
Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan pendukung, teknik
pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data
dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan
Kabupaten Sumenep telah mampu dalam menjalankan networking dalam
mengembangkan produk lokal daerah, dengan memberdayakan IKM yang
lebih profesional yaitu 1) Pembentukan ekonomi kreatif lokal melalui IKM
telah mampu dalam menggali potensi produk lokal daerah serta
menfasilitasi adanya pemasaran 2) Merebut hati konsumen dalam
membangun ekonomi kreatif dengan mendesain (packing) dan aroma
produknya yang bisa memikat konsumen, 3) Pengaturan norma dengan
memasarkan produk lokal, dengan baik serta desain kemasan produk dan
norma lain dalam penentuan harga produk, 4) Melaksanakan dan penggalian
produk lokal serta pemasaran produk dengan menggerakkkan ekonomi
kreatif masyarakat desa agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kata kunci : Peningkatan Networking dan Ekonomi Kreatif Lokal