Abstract :
Sebagai dampak dari perluasan bandar udara tersebut perlu adanya
pengembangan jalan baru yang terletak di sebelah utara bandar udara
Trunojoyo dengan desain yang harus direncanakan secara matang dan
menyesuaikan dengan kondisi di lapangan yang penyelenggaraannya berada di
bawah wewenang Dinas PU. Bina Marga Kabupaten Sumenep.
Untuk mendesain Jalan Pada Pengembangan Jalan Baru Bandar Udara
Trunojoyo Kabupaten Sumenep dengan menggunakan perkerasan lentur.
Metode-metode yang dipakai dalam menyusun Skripsi ini terdiri dari
metode pengumpulan data, metode wawancara, metode penggambaran dan
perhitungan, metode penyajian laporan, dan tahap pengerjaan laporan.
Langkah-langkah dalam menentukan jenis serta tebal lapisan perkerasan
antara lain : Perhitungan Lalu Lintas Harian (LHR), Nilai Daya Dukung
Tanah (DDT), Nilai California Bearing Ratio (CBR).
Kata kunci : Perhitungan Lalu Lintas Harian, Nilai Daya Dukung Tanah,
Nilai California Bearing Ratio