Abstract :
Islamic Sosial Reporting adalah perpanjangan pelaporan sosial yang
meliputi tidak hanya harapan dewan pengurus atas pandangan masyarakat
terhadap peran perasaan dalam ekonomi tetapi juga pemenuhan perspektif
spiritual untuk pengguna laporan yang muslim. Islamic Social Reporting
memiliki dua tujuan utama, yang pertama sebagai akuntabilitas kepada
ALLAH SWT dan komunitas dan yang kedua yaitu untuk meningkatkan
transparansi kegiatan bisnis dengan cara memberikan informasi yang relevan
dan sesuai dengan kebutuhan spiritual para pembuat keputusan muslim.
Selain itu indeks ISR juga menekankan pada keadilan sosial terkait pelaporan
mengenai lingkungan, kepentingan minoritas dan karyawan.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengungkapan Islamic Sosial Reporting (ISR) pada bank
syariah di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif,
uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama tidak
berpengaruh terhadap Islamic Sosial Reporting (ISR). Secara Parsial
Profitabilitas (X1) tidak berpengaruh terhadap ISR 0,124 dengan nilai
signifikansi 0,05, Size (X2) tidak berpengaruh terhadap ISR dengan nilai
signifikansi 0,600, Leverage (X3) berpengaruh terhadap ISR dengan nilai
signifikansi 0,038, secara bersama-sama Simultan (X) tidak berpengaruh
terhadap Islamic Sosial Reporting dengan nilai signifikansi 0,05
.
Kata Kunci : ROA, Size, Leverage, Islamic Sosial Reporting.