Abstract :
Peran guru dalam pendidikan memiliki peran penting untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
hubungan antara kinerja guru IPA, motivasi belajar IPA, dan hasil belajar IPA
dalam perspektif kelas unggulan di kelas VIII SMPN 2 Saronggi. Metode pada
penelitian ini yaitu analisis SEMSmart PLS03 dan mengetahuai perbedaan
hubungan variabel dari dua kelompok menggunakan analisis SEM dengan
multiple group. Pada penelitian ini diperoleh hasil: 1) tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan motivasi belajar IPA, karena Pvalue>0,05 yaitu 0,329, 2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar
IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value (0,003)<0,05, 3) terdapat hubungan
yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value
(0,000)<0,05, 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hubungan kinerja guru
IPA terhadap hasil belajar IPA antara kelas unggulan denga kelas reguler, karena
nilai t-hitung dari data nilai standar error dan koefisien jalur (-0,182)