Abstract :
Problem yang sering terjadi di kota Sumenep adalah adanya degradasi
moral pada anak-anak usia peralihan yaitu usia 13-17 tahun dengan jenjang
pendidikan SMP atau MTs, dimana pada usia peralihan anak-anak mudah
terpengaruh oleh gaya hidup masyarakat sekitarnya. Boarding school diharapkan
dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut, salah satu lembaga yang
menerapkan boarding school yaitu MTs Nurul Islam. MTS Nurul Islam
menerapkan sistem Boarding day school dimana mayoritas siswa tinggal di
lingkungan pondok dan sebagian lagi tinggal di rumah orang tua/wali. Metode
yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM). Hasil peneitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang
signifikan antara pengetahuan awal terhadap hasil belajar IPA dengan nilai
signifikansi sebesar 6.754; (2) Tidak terdapat hubungan psikologi sosial terhadap
hasil belajar IPA karena nilai yang di peroleh sebesar 0.961; (3) Terdapat
hubungan yang signifikan antara psikologi sosial terhadap pengetahuan awal IPA
dengan nilai signifikansi sebesar 4.197; (4) Perspektif boarding school
merupakan variabel moderasi antara hubungan psikologi sosial terhadap
pengetahuan awal IPA.
Kata kunci: Psikologi, Pengetahuan awal, Hasil belaj