Abstract :
Pengembangan maket planetarium dan gerhana menyajikan materi tata
surya dalam bentuk nyata, berikut: a) maket planetarium menyajikan rasi bintang,
garis orbit, benda penyusun tata surya, dan terdapat pencahayaan di miniatur
matahari; b) maket gerhana menyajikan proses gerhana menggunakan motor dan
terdapat pencahayaan diminiatur matahari. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) Kelayakan maket planetarium dan gerhana; (2) Perbedaan
motivasi belajar siswa antara sebelum dengan setelah mengunakan inovasi maket
planetarium dan gerhana. Jenis penelitian ini adalah Research and Development.
Metode yang digunakan adalah Four D Models, dengan empat tahap, yaitu: 1)
Define, 2) Design, 3) Develop, dan Dissemination. Hasil penelitian menunjukkan
(1) Tingkat kelayakan inovasi maket planetarium dan gerhana di lihat dari, a)
hasil validasi produk maket planetarium rata-rata sebesar 80,6% (kategori layak)
dan maket gerhana rata-rata sebesar 77,3% (kategori sangat layak); b) respon guru
sebesar 93,3% (kategori sangat baik) dan respon siswa rata-rata sebesar 86,6%
(kategori sangat baik). 2) Ada perbedaan motivasi belajar siswa di lihat dari hasil
analisi uji t berpasangan dengan nilai -t hitung kurang dari nilai ?t tabel.
Pengembangan maket planetarium dan gerhana layak digunakan sebagai media
pembelajaran pada materi tata surya sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa.
Kata Kunci: Maket, Kelayakan, Motivasi