Abstract :
Keberadaan boarding school diharapkan mampu memberikan solusi terjadinya degradasi moral
pada anak usia SMP. Efektivitas pendidikan yang diharapkan orang tua meliputi pendidikan
umum dan agama. Sekolah yang menerapkan boarding school adalah MTs Nurul Islam. Tujuan
penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar IPA, asal sekolah dan hasil belajar IPA.
Metode penelitian menggunakan teknik analisis data struktural equation modeling (SEM). Hasil
penelitian data diperoleh sebagai berikut: 1) Tidak terdapat hubungan asal sekolah dengan
motivasi belajar IPA. Siswa MTs Nurul Islam memiliki motivasi belajar IPA yang sama. 2)
Terdapat hubungan asal sekolah dengan hasil belajar IPA. Siswa SD memiliki hasil belajar yang
lebih baik. 3) Terdapat hubungan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA. 4) perspektif
boarding school bukan variabel moderasi, artinya keberadaan boarding school tidak dapat
memperlemah atau memperkuat hubungan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA, karena
relasi siswa yang bagus dan stimulus yang diberikan oeh guru sama sehingga respon yang
didapatkan siswa juga sama.
Kata kunci: Motivasi belajar IPA, hasil belajar IPA, asal sekolah, SEM