Abstract :
Petunjuk praktikum merupakan bahan ajar yang dapat menunjang
keberhasilan kegiatan praktikum. Petunjuk praktikum yang memfasilitasi siswa
dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dalam menemukan konsep
materi dapat menambah pemahaman siswa terhadap materi. Tujuan dari penelitian
ini adalah (1) untuk menghasilkan petunjuk praktikum IPA berbasis discovery
learning; dan (2) mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap petunjuk
praktikum IPA berbasis discovery learning untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Saronggi. Metode penelitian yang digunakan merupakan model 4D yang terdiri
dari define, design, development disseminate. Instrumen pengambilan data dalam
penelitian ini yaitu; instrumen kelayakan meliputi kelayakan dan angket respon
siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan petunjuk praktikum IPA
berbasis discovery learning yaitu sebesar 95,33% dengan kriteria sangat layak
digunakan; dan (2) respon siswa terhadap petunjuk praktikum sebesar 88,26%
dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa
petunjuk praktikum IPA berbasis discovery learning layak digunakan sebagai
bahan ajar dalam kegiatan praktikum.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum,Discovery Learning,4D