Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel asal
sekolah, psikologi sosial dan hasil belajar IPA dengan variabel moderasi
perspektif kelas unggulan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Saronggi,
kecamatan Saronggi, kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini diketahui nilai p-value asal sekolah
dengan psikologi sosial menunjukkan angka 0,336, variabel psikologi sosial
dengan hasil belajar IPA dengan nilai p-value 0,026, variabel asal sekolah dengan
hasil belajar IPA dengan nilai p-value 0,031, dan kelas unggulan sebagai variabel
moderasi dengan nilai p-value 0,996. Pada penelitian ini didapat kesimpulan
bahwa tidak terdapat hubungan variabel asal sekolah dengan psikologi sosial,
terdapat hubungan variabel psikologi sosial dengan hasil belajar IPA, terdapat
hubungan variabel asal sekolah dengan hasil belajar IPA dan kelas unggulan
bukan variabel moderasi dalam hubungan langsung psikologi sosial dengan hasil
belajar IPA, dari hal ini peneliti mengemukakan saran agar peneliti selanjutnya
lebih ditekankan lagi terhadap hasil belajar psikomotor siswa.
Kata kunci : Asal Sekolah, Psikologi, Hasil Belajar