DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANDING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Fajri, R.A. Nur Aina
Subject
500 Natural Science and Mathematics 
Datestamp
2022-11-29 06:16:32 
Abstract :
Petunjuk praktikum berbasis collaborative learning merupakan bahan ajar yang dibuat agar mengurangi pendominasian siswa dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis collaborative learning dan mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA berbasis collaborative learning untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Manding. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari define, design, dandevelopment.Instrumen dalam penelitian ini meliputi; (1) instrumen kelayakan petunjuk praktikum berbasis collaborative learning yang meliputi kelayakan materi/isi, tampilan, dan format; dan (2) instrumen angket respon siswa. Teknik analisis data pada kelayakan diperoleh dari presentase kelayakan prtunjuk praktikum berbasis collaborative learning dan angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) materi sebesar 85,94% dengan kategori sangat layak, tampilan 87,50% dengan kategori sangat layak, dan format 91,67% dengan kategori sangat layak. Rata-rata penilaian dari ketiga ahli yakni ahli materi, tampilan, dan format memperoleh nilai sebesar 88,37% dengan kategori sangat layak; (2) respon siswa terhadap petunjuk praktikum berbasis collaborative learning sebesar 87,30% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum berbasis collaborative learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan praktikum di sekolah SMP Negeri 1 Manding. Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Collaborative learning. 
Institution Info

Universitas Wiraraja