Abstract :
Petunjuk praktikum berbasis collaborative learning merupakan bahan ajar
yang dibuat agar mengurangi pendominasian siswa dan meningkatkan hasil
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis
collaborative learning dan mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap
petunjuk praktikum IPA berbasis collaborative learning untuk siswa kelas VIII di
SMP Negeri 1 Manding. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and
development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari define,
design, dandevelopment.Instrumen dalam penelitian ini meliputi; (1) instrumen
kelayakan petunjuk praktikum berbasis collaborative learning yang meliputi
kelayakan materi/isi, tampilan, dan format; dan (2) instrumen angket respon
siswa. Teknik analisis data pada kelayakan diperoleh dari presentase kelayakan
prtunjuk praktikum berbasis collaborative learning dan angket respon siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) materi sebesar 85,94% dengan kategori
sangat layak, tampilan 87,50% dengan kategori sangat layak, dan format 91,67%
dengan kategori sangat layak. Rata-rata penilaian dari ketiga ahli yakni ahli
materi, tampilan, dan format memperoleh nilai sebesar 88,37% dengan kategori
sangat layak; (2) respon siswa terhadap petunjuk praktikum berbasis collaborative
learning sebesar 87,30% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum berbasis collaborative
learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan praktikum di sekolah
SMP Negeri 1 Manding.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Collaborative learning.