Abstract :
Bahan ajar dapat membantu memperkaya pengetahuan siswa. Materi yang
disampaikan dalam bahan ajar seharusnya ringkas, jelas, terintegrasi serta memuat
unsur SETS. Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar
Handout IPA Terpadu berbasis SETS; dan (2) mengetahui respon guru serta siswa
terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1
Pasongsongan kelas VIII dengan jenis penelitian Research and Development
(R&D) mengadaptasi model dari Sugiyono. Subjek uji coba sebanyak 12 siswa
yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random
sampling. Teknik analisis data diperoleh berdasarkan nilai persentase kelayakan
Handout IPA Terpadu berbasis SETS dan hasil angket respon guru serta siswa.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) Bahan ajar dikategorikan sangat layak
digunakan dengan perolehan persentase 91% oleh ahli materi dan 79% oleh ahli
media dengan kategori layak; dan (2) respon guru sebesar 95% termasuk dalam
kategori sangat baik dan respon siswa sebesar 99% termasuk dalam kategori
sangat baik.
Kata Kunci: Handout, IPA Terpadu, SETS