Abstract :
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta
ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung, bangunan
biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai. Pasar Candi adalah salah satu pasar
tradisional yang sangat luas yang berlokasi di Desa Candi Kecamatan Dungkek
Kabupaten Sumenep. Pasar ini menjadi pusat perniagaan dan pembelajaan
masyarakat bawah yang sangat berdampak bagi pengembangan potensi ekonomi
mereka. Pasar Candi terus melangami kemajuan dan penignkatan pangsa pasar
yang luar biasa, sehingga sampai sekarang terus dilakukan pembangunan dan
perluasan area demi memenuhi kebutuhan masyarakat.
Berdasarkan latar belakang permasalahan dan rumusan masalah maka
tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengembangan Sumber Daya Manusia
Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Di Kecamatan Gapura.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
tekhnik pengumpulan data berupa wawancara dengan informan salah satu yang
ada di struktur organisasi pasar candi dan pedagang kaki lima dan pengunjung di
pasar candi dan yang terkait observasi dan dokumentasi terhadap responden yang
memiliki relevansi dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian pengelola pasar menerapkan strategi khusus untuk
mengembangkan kompetensi para pedagang baik yang baru maupun yang sudah
lama menempati pasar Candi. Strategi yang di terapkan oleh pengelolah pasar
adalah mengadakan musyawarah kepada para pedangang seputar berwirausaha..
Salah satu cara untuk menarik minat pengunjung pasar candi ialah dengan cara
mengadakan komoditas tertentu yang menjadi ciri khas dari keberadaan pasar
Candi.
Kata Kunci : Strategi, Pasar Tradisional, Aset Ekonomi Kerakyatan.