Abstract :
Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) sebagai salah satu sarana
kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki
peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan
masyarakat. Oleh karena itu, Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan
yang bermutu dan memuaskan bagi pasien sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan dan dapat di jangkau seluruh lapisan masyarakat. Puskesmas ambunten
merupakan satu-satunya puskesmas yang ada dia Ambunten yang diharapkan
mampu memberikan pelayanan yang optimal dan menyeluruh bagi masarakat
ambunten. dalam hal ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di UPT.
Puskesmas Ambunten Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep?
Latar belakang permasalahan dan rumusan masalah maka tujuan penelitian
adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan di UPT.Puskesmas Ambunten
kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep.
.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode yang
diantaranya : 1) Fokus Penelitian 2) Lokasi Penelitian 3) Sumber Data yang
terdiri dari data primer dan data sekunder 4) Instrumen Penelitian 5) subjek
Penelitian 6) Teknik Pengumpulan Data yang terdiri dari teknik wawancara,
teknik observasi, dan dokumentasi7) Teknik Analisa Data yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan 8)
Keabsahan Data yang meliputicredibility (validitas internal),transferability
(validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (obyektifitas).
Hasil penelitian tersebut dintaranya : 1) Bukti fisik (Tangible)fasilitas fisik
yang ada hanya sebatas cukup dan perlu penambahan peningkatan berkenaan
dengan fasilitas fisik tersebut.2) . Keandalan (Reliability).keandalan petugas sudah
sangat baik. karena para petugas puskesmas sudah dapat di andalkan. 3)
ketanggapan (Responsiveness) sudah sangat baik. karena para petugas puskesmas
tanggap dan respon terhadap pasien dan pengunjung. 4) Jaminan (Assurance)
jaminan belum cukup menjamin Kesembuhan kepada pasien Askes pasien
Puskesmas Ambunten. 5) Empati (Emphaty)aspek empaty sudah sangat baik.
Karena para petugas puskesmas ambunten memberi perhatian lebih kepada para
pasien