Abstract :
Gili Labak merupakan wisata yang menawarkan keindahan pantai dan
bawah lautnya dengan jenis ? jenis ikan yang bermacam ? macam dan
terumbu karang yang masih terjaga. Awal mula strategi pemasarn yang
dilakukan oleh pengurus Gili Labak adalah strategi promosi Word of Muth (
promosi mulut ke mulut). Berdasarkan hasil observasi ke objek wisata,
peneliti menemukan beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh
pengurus Gili Labak untuk mencapai tujuan yaitu ( Product, Price, place,
promosi dan people ). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan
purposive sampling dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tehnik Analisis Data yang di gunakan adalah
Matriks EFE, EFI ,Analisis SWOT,dan matrik TOWS. Tujuannya untuk
mengetahui dan menganlisis faktor-faktor internal dan eksternal yang
menjadi kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman, serta untuk
menentukan strategi untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan local
maupun manca Negara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi
pemasaran yang di lakukan sangat membantu untuk pemenuhan target
kunjungan. Untuk itu Strategi yang di hasilkan adalah strategi SO yaitu
mempertahankan kerja sama dan memperluas jaringan promosi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran (product, price, promosi, place, people),
Wisata, Matriks EFE,dan Matriks EFI. Analisis SWOT
dan TOWS