Abstract :
Di dalam suatu usaha harus memiliki sistem pemasaran yang baik meliputi
merek yang sudah dikenal, harga murah dan bersaing serta promosi yang
dilakukan harus sesuai dan tepat. Hal tersebut mampu meningkatkan omset usaha
yang telah dibuka baik usaha baru maupun usaha yang sudah lama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis baik
secara parsial maupun simultan pengaruh merek, harga dan promosi terhadap
minat beli konsumen bedak dingin tradisional madura potre koneng. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi seluruh
pembeli bedak dingin tradisional madura potre koneng dengan menentukan
sampel menggunakan pendapat roscoe ditemukan sampel sebanyak 80 orang dan
menggunakan sampel isidental sebagai pengambilan data.
Dari hasil penelitian menunjukan baik secara parsial nilai signifikansi
lebih kecil dari alpha (0,05) dimana variabel merek (X1) berpengaruh signifikan
sebesar (0,039 < 0,05) sedangkan variabel harga (X2) berpengaruh signifikan
sebesar (0,001 < 0,05) dan variabel promosi (X3) berpengaruh signifikan sebesar
(0,013 < 0,05) artinya secara individu vriabel merek, harga dan promosi
berpengaruh terhadao minat beli. Secara simultan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
(3,12) dan nilai signifikan lebih kecil dari alpha (0,05) dimana variabel merek
(X1), harga (X2) dan promosi (X3) secara keseluruhan atau bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar (6,633 > 3,12) dan
(0,000 < 0,05).
Dari pembahasan yang disampaikan dapat disimpulkan bahwa secara
individu (parsial) merek, harga dan promosi berpengaruh terhadap minat beli
konsumen dan secara bersama-sama (simultan) merek, harga dan promosi
berpengaruh terhadap minat beli konsumen serta variabel yang paling
berpengaruh dominan terhadap minat beli adalah variabel harga.
Kata kunci : Merek, Harga, Promosi, Minat Beli Konsumen