Abstract :
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan pendidikan yang
diselenggarakan setelah menempuh pendidikan strata satu (S1) ekonomi jurusan
akuntansi dengan tujuan untuk mendapatkan gelar Akuntan (Ak). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi karir, motivasi kualitas, biaya
pendidikan dan masa studi.akuntansi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk
mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).
Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan
sampel yang di perlukan. Sampel yang dijadikan untuk penelitian sebanyak 79
orang responden yaitu mahasiswa semester 8.Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari metode kuesioner yang
diberikan secara langsung kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
jurusan akuntansi pada Universitas Wiraraja Sumenep.Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 20.
Hasil analisis yaitu menunjukkan bahwa adanya motivasi mempengaruhi
minat untuk mengikuti PPAk. Walaupun di Kota Sumenep belum tersedia
Pendidikan Profesi Akuntansi, tetapi minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk
cukup tinggi. Semua variable berpengaruh secara signifikan terhadap minat
mengikuti PPAk, namun dari keempat variable motivasi karir, motivasi kualitas,
biaya pendidikan dan masa studi yang lebih dominan berpengaruh terhadap minat
mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
adalah variabel biaya pendidikan.
Kata Kunci: Motivasi karir, Motivasi Kualitas, Biaya Pendidikan, dan Masa
Studi terhadap Minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi
Akuntansi