Abstract :
Dalam upaya mengurangi peningkatan jumlah penduduk yang semakin
tinggi, pemerintah pusat yang diwakili oleh Badan Kependudukan Keluarga
Berencana Nasional (BKKBN) berupaya untuk menanggulangi permaslahan
tersebut dengan berbagai upaya yang dilakukan seperti ikut aktif dalam
mensukseskan program Keluarga Berencana (KB). Seperti permasalahan yang
terjadi di Kabupaten Sumenep, khususnya di Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep
dimana jumlah penduduknya yang semakin mengalami peningkatan yang cukup
tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
promosi dan kinerja terhadap keputusan penggunaan alat kontrasepsi Keluarga
Berencana (KB) di Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian dalam
penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, populasi yang digunakan berjumlah
12.684 orang dengan sampel yang digunakan 100 orang responden, teknik analisis
data yang digunakan menggunakan SPSS dengan menggunakan metode
pengelompokan, mentabulasi, menyajikan, kemudian menyimpulkan hasil
perhitungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi dan
kinerja berpengaruh terhadap keputusan penggunaan alat kontrasepsi Keluarga
Berecana (KB). Sedangkan secara simultan variabel independen sama-sama
mempengaruhi variabel dependen.
Kata kunci: Promosi, Kinerjadan Keputusan Penggunaan Alat Kontrasepsi.