Abstract :
Dengan pembentukan MEA tersebut maka peluang pasar bebas semakin
terbuka lebar dan tingkat persaingan akan semakin bertambah. Persaingan dalam
bidang perhotelan yang semakin ketat dituntut untuk melakukan pengembangan
agar tidak tersaingi dengan bermunculannya hotel- hotel baru dengan cara
meningkatkan kualitas produk jasa dan pelayanan terhadap pengunjung hotel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi hotel saat ini dan strategi
pengembangan yang dilakukan oleh hotel C1 Sumenep. Jenis penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif. Tehnik pengambilan sampel yaitu
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data
primer dan skunder. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan, menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE dan EFE
Hasil penelitian menunjukkan posisi hotel C1 Sumenep yaitu berada pada
kuadran I termasuk pada strategi Rapid growth strategy (strategi pertumbuhan
cepat) kegiatan pengembangan yang sudah dilakukan oleh hotel C1 Sumenep
sudah mendukung namun pengembangan usaha hotel C1 Sumenep masih belum
optimal dan membutuhkan fasilitas pendukung untuk menunjang kebutuhan yang
diinginkan tamu dengan peningkatan kualitas produk jasa yang menjadi faktor
kekuatan untuk memaksimalkan pemanfaatan semua peluang yang ada dalam
menghadapi persaingan bisnis di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Saran
penyediaan fasilits pendukung untuk menunjang kebutuhan para tamu atau
pengunjung.
Kata kunci: strategi, pengembangan hotel, Matriks SWOT, Matriks IFE dan EFE