Abstract :
Kebutuhan tranportasi membuat pasar otomotif nasional mengalami
peningkatan yang cukup pesat. peningkatan tersebut membuat perusahaan industri
otomotif semakin gencar memasarkan produk barunya. sekian banyak merk
otomotif membuat potensi persaingan semakin ketat sehingga perusahaan harus
memiliki stategi pemasaran yang bagus demi bersaingnya dengan perusahaan
industri otomotif lainnya dan banyak diminati oleh para konsumen akan
produknya.
Dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran
mengunakan 4P (Produk, Promotion, price, dan place) dan potensi persaingan PT
United Motors Centre Cabang Pamekasan (studi kasus deler Suzuki). metode
yang digunakan menggunakan pengumpulan data primer dengan teknik
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta
teknik analisa data menggunakan formula strategi dengan menggunakan model
wheelen dan hunger yaitu Analisis TOWS.
Hasil dari analisis pengembangan alternatif strategi dengan menggunakan
matriks TOWS ialah (1) Membuka cabang usaha. (2) Melakukan promosi secara
terus-menerus. (3) Peningkatan kualitas pelayanan. (4) Berikan bonus atau
potongan harga kepada konsumen melalui Spare part yang digunakan dalam
service. (5) Memperbaharui teknologi yang dimiliki prusahaan dengan mengikuti
perkembangan teknologi masa kini. (6) Kerjasama dengan perusahaan lainnya.(7)
Memberikan pelatihan dan motivasi kepada para SDM. (8) Mengoptomalkan
fasilitas yang ada.
Kata Kunci : Starategi Pemasaran, Bauran Pemasaran dan Potensi Persaingan.