Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada pegadaian UPC bluto di
kecamatan bluto kabupaten sumenep. Perusahaan harus meningkatkan
kemampuan dalam berienteraksi di dalam likungan untuk mecapai tujuan yang
diinginkan perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental
sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Jumlah sampel sebanyak 50 sampel penelitian. Pengolahan dan analisis data
menggunakan teknik analisis linier berganda, semua pengujian akan diolah
dengan menggunakan komputer program Statistical Package for Social Science
(SPSS) 20. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan
bahwakepercayaan terbukti mempunyai pengaruh yang posotif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah, kualitas pelayanan tidak terbukti berpengaruh positif
dan sinifikan terhadap kepuasan nasabah. Namun, temuan pada penelitian ini
kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan terbukti berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Kata kunci : kepercayaan, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah