Abstract :
Di jaman modern ini dimana pimpinan-pimpinan perusahaan
menekankan kepada setiap karyawannya akan pentingnya peranan strategi
pertumbuhan perusahaan, selain itu kesuksesan perusahaan dalam
memenangkan persaingan sangat tergantung pada strategi pemasaran yang
dipilih oleh perusahaan tersebut, serta merencanakan perincian-perincian
secara mendetail dalam menetapkan dan menentukan pilihan terhadap suatu
strategi tertentu.
Seiring dengan tingginya kebutuhan dan permintaan konsumen akan
otomotif terutama kendaraan beroda empat PT Prima Mobil Madura (PMM)
berkeinginan untuk terus dapat melayani konsumen, mempertahankan daya
saing guna meningkatkan volume penjualan dari tahun ketahun demi
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Dengan kesempatan pasar yang tinggi dan pangsa pasar yang sangat
mempunyai potensi untuk bertumbuh maka dibutuhkan suatu racikan strategi
pemasaran yang baik untuk dapat terus mempertahankan daya saing guna
meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran ini diharapkan harus
dapat memaksimalkan semua kekuatan dan semua peluang yang ada pada
perusahaan PT Prima Mobil Madura (PMM) Sumenep. Namun disaat yang
bersamaan harus dapat meminimalkan ancaman dan kelemahan yang ada pada
perusahaan tersebut. Dengan kriteria tersebut maka peneliti memilih
menggunakan analisis Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan),
Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman) SWOT yang sesuai untuk
digunakan pada penelitian ini.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Lokasi, Promosi.