DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI DEPO BPJS RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Nor Khairah, Siti
Oktianti, Dian
Roni, Abdul
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2020-10-19 03:02:56 
Abstract :
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien sebagai pengguna jasa dan pemenuhan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima. Kualitas pelayanan yang relatif baik belum tentu bisa memuaskan pasien. Tujuan: Untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di depo BPJS Rumah Sakit melalui analisis berbagai hasil penelitian terkait. Metode: Dalam penelitian ini menggunakan metode review artikel dengan mencari sumber data primer berupa jurnal-jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Hasil: Bahwa kualitas pelayanan kefarmasian diukur dari dimensi pelayanan yang meliputi Realibility (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (keyakinan), Emphaty (empati), Tangible (fasilitas). Kelima dimensi tersebut digunakan untuk mengukur kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang diberikan. Dimensi responsiveness memiliki point penting dalam penyerahan obat kepada pasien, hal ini dikarenakan pasien mengganggap pada pelayanan pemberian obat dengan segera pasien merasa puas di instalasi rawat jalan. Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Apabila kinerja yang dirasa pasien di bawah harapan, maka pasien atau responden akan merasa tidak puas, begitupun sebaliknya. Harapan pasien dapat dibentuk oleh pengalaman masa lampau, komentar dari kerabat serta informasi yang didapat dari berbagai sumber. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan pada tiap dimensi mutu sudah masuk dalam kategori sangat puas (>90%). Kata kunci: Kefarmasian, kualitas pelayanan, kepuasan pasien, bpjs, rumah sakit 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo