DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
FAHRINI, UMIYATUL
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-11-06 02:13:34 
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan suatu hal yang abstrak dan hasilnya sangat bervariasi karena pada dasarnya sangat tergantung kepada masing- masing persepsi individu. bila rumah sakit memberikan pelayanan yang belum sesuai dengan harapan pasien maka pasien akan merasa tidak puas. Ketidakpuasan pasien tersebut mengakibatkan pasien memilih untuk menggunakan jasa pesaing sehingga perlu adanya perbaikan dimana perbaikan tersebut pada dasarnya tertuju pada kualitas pelayanan karena kepuasan pasien erat kaitannya dengan kualitas. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di instalasi farmasi Rumah Sakit melalui analisis berbagai hasil penelitian terkait. Metode: Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan menggabungkan hasil penelitian dari 5 (lima) jurnal yang terdiri atas 4 (empat) jurnal nasional dan 1 (satu) jurnal internasional. Hasil: Hasil review artikel dari kelima jurnal menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (Reability), ketanggapan (Responsiveness), keyakinan (Assurance), penampilan (Tangible), dan Empati (Emphaty). Menunjukkan bahwa rata-rata persentase kepuasan responden sebesar 67,83%. Simpulan: Secara keseluruhan pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo