Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Apriyanasari, Apriyanasari
Trimawarti, Trimawarti
Apriyatmoko, Raharjo
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-11-09 03:23:45
Abstract :
Anak prasekolah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek. Masa ini
prasekolah ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan berbagai potensi dan
kemampuan antara lain motorik halus dan kasar, social, emosi serta kognitifnya. Menurut
UNICEF didapatkan angka kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak
usia balita khususnya gangguan perkembangan motorik didapatkan (27,5%) atau 3 juta anak
mengalami gangguan. Tujuan penelitian mengetahui perkembangan anak usia prasekolah di
PAUD/TK Tunas Rimba 1 Semarang.
Desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan observasi. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua anak usia pra sekolah di PAUD/TK Tunas Rimba 1 Semarang
sebanyak 28 anak. Teknik Sampling dalam penelitian ini menggunakan total sampling
jumlah sampel 28 anak. Instrumen yang digunakan lembar Skrinning Denver II. Analisis
data dengan menggunakan bentuk distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan anak usia prasekolah di
PAUD/TK Tunas Rimba 1 Semarang sebagian besar normal sebanyak 16 responden
(57,1%) dan suspect sebanyak 12 responden (42,9%) dimana pada aspek bahasa didapatkan
9 responden (32,1%) mengalami suspect/dicurigai adanya keterlambatan perkembangan.
Perkembangan anak prasekolah di PAUD/TK Tunas Rimba 1 Semarang paling banyak 10
responden (35,7%) suspect pada jenis kelamin laki-laki, 7 responden (25%) suspect pada
umur anak 4 tahun, 9 responden (32,1%) suspect pada kategori umur orang tua 25-35 tahun,
dan 7 responden (25%) suspect pada kategori orang tua bekerja
Bagi orang tua agar memberikan pengawasan dan dukungan tentang tugas
perkembangan anak, supaya berkembang sesuai dengan umur anak dan tidak ada
penyimpangan dan keterlambatan.
Kata kunci :Perkembangan, Anak Usia Pra Sekolah
Kepustakaan : 23 pustaka (2009 ? 2016)