DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE META ANALISIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
EKO PRASETYO, MUHAMMAD RIZQI
Saparwati, Mona
Wijayanti, Fiki
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2020-11-18 05:26:31 
Abstract :
Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Berdasarkan periode tumbuh kembang, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dapat dibedakan menjadi faktor prenatal, natal dan postnatal sedangkan secara garis besar faktor yang mempengaruhi perkembangan anak terdiri dari faktor internal (genetik) dan faktor eksternal (lingkungan). Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pendidikan anak usia dini dengan perkembangan anak usia prasekolah. Desain penelitian metaanalisis jurnal penelitian. Jumlah artikel yang digunakan 5 jurnal yang terdiri dari 4 jurnal indonesia dan 1 jurnal international. Sumber untuk melakukan tinjauan literatur ini meliputi studi pencarian sistematis database terkomputerisasi (Google Scholar dan PubMed) Jurnal yang dipergunakan dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Analisis menggunakan metaanalisis jurnal. Hasil penelitian review dari lima artikel jurnal dapat ditemukan bahwa pendidikan anak usia dini dapat mempengaruhi perkembangan anak pada aspek : gerak halus, gerak kasar, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian anak usia 4-5 tahun, ada perbedaan dalam perkembangan sosial dan emosional antara anak-anak yang menghadiri pendidikan anak usia dini dan mereka yang tidak menghadiri pendidikan anak usia dini, Saran kepada orangtua agar mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan pendidikan anak usia dini, sehingga perkembangan anak menjadi lebih baik 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo