Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
EKO PRASETYO, MUHAMMAD RIZQI
Saparwati, Mona
Wijayanti, Fiki
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-11-18 05:26:31
Abstract :
Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Berdasarkan periode
tumbuh kembang, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dapat dibedakan
menjadi faktor prenatal, natal dan postnatal sedangkan secara garis besar faktor yang
mempengaruhi perkembangan anak terdiri dari faktor internal (genetik) dan faktor
eksternal (lingkungan). Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dilakukan sebagai
upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak
memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Tujuan penelitian
untuk mengetahui hubungan pendidikan anak usia dini dengan perkembangan anak usia
prasekolah.
Desain penelitian metaanalisis jurnal penelitian. Jumlah artikel yang digunakan 5 jurnal
yang terdiri dari 4 jurnal indonesia dan 1 jurnal international. Sumber untuk melakukan
tinjauan literatur ini meliputi studi pencarian sistematis database terkomputerisasi
(Google Scholar dan PubMed) Jurnal yang dipergunakan dari tahun 2015 sampai tahun
2020. Analisis menggunakan metaanalisis jurnal.
Hasil penelitian review dari lima artikel jurnal dapat ditemukan bahwa pendidikan
anak usia dini dapat mempengaruhi perkembangan anak pada aspek : gerak halus, gerak
kasar, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian anak usia 4-5 tahun, ada perbedaan
dalam perkembangan sosial dan emosional antara anak-anak yang menghadiri pendidikan
anak usia dini dan mereka yang tidak menghadiri pendidikan anak usia dini,
Saran kepada orangtua agar mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan pendidikan
anak usia dini, sehingga perkembangan anak menjadi lebih baik