Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
FERDIANSYAH, NIZAR HERU
Susilo, Eko
Lestari, Puji
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-11-18 06:28:44
Abstract :
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang mencuci tangan hanya
dengan air sebelum makan, cuci tangan dengan sabun justru dilakukan sesudah makan.
Sekolah memiliki peran penting dalam mendidik dan mendorong kebiasaan cuci tangan
sejak usia dini karena kebiasaan mencuci tangan yang dipelajari di sekolah dapat bertahan
seumur hidup. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada anak usia dini mengenai
praktik cuci tangan adalah dengan metode demonstrasi. Tujuan penelitian untuk
mengetahui perbedaan perilaku sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan cuci
tangan dengan demonstrasi pada anak.
Metode : Penelitian menggunakan desain deskritif dengan metode literature review,
untuk meninjau penelitian-penelitian yang sudah dilakukan. Data yang digunakan yaitu 4
jurnal nasional dan 1 jurnal internasional yang diperoleh dari screening sejumlah jurnal
dan database jurnal seperti Google Scholar.
Hasil : Berdasarkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan perilaku
sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan cuci tangan dengan demonstrasi
pada anak, didapatkan hasil bahwa dari kelima jurnal tersebut terdapat perbedaan perilaku
sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan cuci tangan dengan demonstrasi
pada anak.
Saran : Disarankan orang tua untuk selalu mengajarkan dan mengingatkan Anak-
Anaknya untuk selalu mencuci tangan. Disarankan untuk pihak sekolah atau unit
kesehatan sekolah (UKS) dapat membuat program ekstrakurikuler atau penyuluhan
mengenai cuci tangan agar anak bisa mengetahui cara cuci tangan yang baik dan benar
sehingga dapat memperaktekkannya dikehidupan sehari-hari.