Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
OKTALIA, PAMOR
Trimawarti, Trimawarti
Wakhid, Abdul
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-11-18 07:03:20
Abstract :
Perilaku agresif adalah reaksi berupa serangan yang dilakukan
individu terhadap orang maupun benda ? benda sekitarnya dengan sengaja yang
bermaksud menyakiti dan merusaknya. Dan pada akhir ? akhir ini perilaku agresif
semakin meningkat, salah satu penyebabnya adalah kecanduan game online.
Game online sangat disukai semua kalangan, termasuk remaja. Penggunaan media
berbau kekerasan seperti game online dalam jangka panjang dapat meningkatkan
perilaku agresif dan menanamkan pola pikir mengenai tindakan kekerasan.
Tujuan : Mengetahui hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif
siswa di SMP Negeri 4 Ungaran
Metode :Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan
cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 dan 8
di SMP Negeri 4 Ungaran dengan jumlah populasinya yaitu 513 siswa. Sampel
yang digunakan yaitu 225 siswa dengan teknik purposive sampling. Alat ukur
yang digunakan untuk mengukur tingkat kecanduan game online yaitu instrument
Game Addiction Scale (GAS), kemudian peneliti menggunakan kuesioner Buss-
Perry Aggression Questionnaire Scale (BPAQ) untuk mengukur tingkat perilaku
agresif. Analisis data yang digunakan dengan uji chi-square.
Hasil penelitian: Penelitian dengan menggunakan uji chi square diperoleh p-
value sebesar 0,000 ? ? (0,05), yang menunjukan ada hubungan antara kecanduan
game online dengan perilaku agresif pada siswa di SMP Negeri 4 Ungaran.
Responden yang mengalami kecanduan game online berat cenderung memiliki
perilaku agresif tinggi yaitu (80,6%) dibandingkan dengan responden yang
mengalami kecanduan game online ringan perilaku agresifnya rendah yaitu
(57,4%).
Saran : Remaja diharapkan membatasi penggunaan game online setiap harinya
dengan menyusun jadwal kegiatan sederhana untuk menurunkan tingkat perilaku
agresif.