Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
RATNAWATI, DIKA ANNA
Setyowati, Heni
Subject
RG Gynecology and obstetrics
Datestamp
2022-09-12 06:54:41
Abstract :
Latar Belakang : Seorang bidan harus selalu mempertahankan sebuah pelayanan
yang baik terhadap pasien, karena dengan mutu pelayanan yang baik maka akan
tercipta suatu kepuasan pasien pada pelayanan kebidanan. Mutu pelayanan yang
buruk pada pelayanan jenis kontrasepsi suntik 3 bulan dapat menimbulkan
beberapa stigma negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu
pelayanan KB suntik 3 bulan di PMB Ratna Mujiyanti, Amd.Keb Dusun Tempel
Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.
Metode : Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross
sectional. Populasinya yaitu seluruh Akseptor KB suntik 3 bulan di bulan Oktober
dan November sebanyak 178 orang. Sampel sebanyak 64 responden. Teknik
sampel menggunakan puposive sampling, dengan analisa distribusi Frequensi.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan dari 64 responden sebesar 52 responden
(81,3%) menilai mutu dimensi tangible (bukti fisik) masuk kategori cukup, 28
responden (43,8%) menilai mutu dimensi reliable (keandalan) masuk kategori
cukup, 41 responden (64,1%) menilai mutu dimensi responsive (daya tanggap)
masuk kategori cukup, 33 responden (51,6%) responden menilai mutu dimensi
assurance (jaminan kepastian) masuk kategori cukup, 30 responden (46,9%)
menilai mutu dimensi empathy (empati) masuk kategori cukup.
Kesimpulan : Sebagian besar responden merasa bahwa mutu pelayanan di PMB
Ratna Mujiyanti Amd.Keb masuk kedalam kategori cukup yaitu sebesar 36
responden (56,3%).
Saran : Bidan dapat meningkatkan mutu pelayanan dalam hal ketepatan waktu,
pemberian informasi dan masukan kepada pasien dengan cepat, tepat, dan padat.
Meningkatkan sarana pra sarana dalam hal hygiene di kamar mandi dan sumber
air untuk pasien agar pasien nyaman dalam menunggu dan berkunjung. Akseptor
KB suntik 3 bulan dapat memberikan kritikan terhadap pelayanan Bidan yang
sekiranya kurang memenuhi harapan akseptor KB suntik 3 bulan.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, KB Suntik