Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Nurmina, Nurmina
Kartika, Sari
Subject
RG Gynecology and obstetrics
Datestamp
2021-08-02 04:55:18
Abstract :
ABSTRAK
Latar Belakang : Pelayanan kesehatan ibu meliputi pelayanan kesehatan antenatal,
pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan nifas. Kualitas pelayanan antenatal
yang diberikan akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janinnya, ibu bersalin
dan bayi baru lahir serta ibu nifas. Kepuasan pasien sering dipandang sebagai suatu
komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan.
Tujuan : Studi literature ini dilakukan ntuk mengetahui hubungan kualitas layanan
antenatal care dengan kepuasan ibu hamil dengan menggunakan pendekatan meta
analisis.
Metode : Literature review dilakukan dengan pencarian artikel menggunakan Google
Scholar dengan keywords kepuasan ibu hamil, kualitas pelayanan, dan antenatal care.
Keseluruhan artikel tersebut ditinjau kembali terkait dengan judul yang dianggap
sesuai dengan variabel independen, didapatkan sebanyak 5 artikel yang dapat diakses
full text.
Hasil : Dari 5 artikel hasil penelitian yang direview ada hubungan antara kualitas
pelayana ANC (Antenatal Care) dengan kepuasan ibu hamil. Kualitas pelayanan yang
diberikan oleh tenaga kesehatan sudah memenuhi standar operasional. Hal tersebut
ditunjukan dengan banyak responden memilih kategori baik pada kualitas pelayanan
antenatal care yang berikan dan sebagian besar ibu hamil puas dengan pelayanan
antenatal care.
Kesimpulan : Terdapat ada hubungan antara kualitas pelayanan antenatal care (ANC)
dengan kepuasan pasien dengan berpedoman pada faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pasien dan dimensi kualitas pelayanan diantaranya reability, responsiveness,
assurance, emphaty dan tangibles.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Antenatal Care, Kepuasan, Ibu Hamil