DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN KEPUASAN IBU HAMIL PADA PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS LEYANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Suryani, Irma
Hirawati, Heni
Subject
RG Gynecology and obstetrics 
Datestamp
2021-08-02 05:01:29 
Abstract :
Salah satu upaya yang dilakukan dalam penurunan AKI dengan melakukan pelayanan kesehatan melalui pelayanan antenatal care. Namun dalam pemberian pelayanan, kepuasan ibu hamil perlu di perhatikan karena dapat mempengaruhi mutu pelayanan yang akan di terima oleh ibu hamil sesuai dengan harapan. Metode penelitian: menggunakan penelitian deskripsi kuantitatif desain penelitian cross sectional. Populasi dari nilai rata-rata ± 36 ibu hamil pada kunjungan K1-K4 yang memeriksakan kehamilannya di Poli KIA Puskesmas Leyangan pada Januari-September 2021.Teknik pengambilan menggunakan instrumen kuisoner dengan metode pengambilan sampel pada penelitian ini Accidental Samplingdidapatkan dengan jumlah 30 ibu hamil. Hasil penelitian: menunjukan bahwa kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care di Puskesmas Leyangan sebagian besar menyatakan puas18(60%) dan tidak puas 12 (13,33%) ibu hamil. Kepuasan ibu hamil berdasarkan dimensi tangiables, sebagian puas 13 (83,33%) dan tidak puas17 (56,66%). Dimensi reliability, sebagian puas 12 (40%) dan tidak puas 18 (60%). Dimensi responsiveness, sebagian puas 14(46,66%) dan tidak puas 16 (53,33%). Dimensi assurance, sebagian puas 12 (40%) dan tidak puas 18 (60%). Dimensi empathy, sebagian puas 12 (40%) dan tidak puas 18 (60%). Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pada pelayanan ANC perlu ditingkatkan supaya ibu hamil melakukan pemeriksan antenatal care secara rutin dengan melakukan kunjungan ulang. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo