Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
PUTRI KARISMA, BELA
Christiani, Ninik
Subject
RG Gynecology and obstetrics
Datestamp
2021-08-24 04:53:36
Abstract :
Latar Belakang : Dalam mengoptimalkan kecerdasan spiritual diperlukan proses
panjang serta memerlukan latihan, semakin dini anak dilatih untuk
mengembangkan kecerdasan spiritual maka akan semakin besar manfaatnya antara
lain anak mampu mengenali diri sendiri, mampu mengenali kelebihan dan
kekurangan yang ada pada dirinya, peka terhadap lingkungan sekitar, memiliki rasa
empati dan belas kasih terhadap ciptaan Tuhan serta akan memiliki ketenangan
dalam berpikir. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dengan
melakukan yoga.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh yoga anak terhadap kecerdasan spiritual anak
pra sekolah di Desa Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen.
Metode : Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimental
dengan pendekatan One Group Pra-Post Test Design. Populasi dari penelitian ini
adalah anak pra sekolah di Desa Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten
Sragen. Sampel 10 responden anak pra sekolah. Instrumen angket kecerdasan spiritual
dan SOP yoga anak. Analisis data menggunakan Analisis Univariat dan bivariat.
Hasil : Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa nilai Zhitung uji Wilcoxon Signed Ranks
Test adalah sebesar -2,825 dengan nilai signifikansi (p-value) 0,005. Nilai
signifikansi uji ternyata lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05) sehingga keputusan uji
adalah H0 ditolak yang bermakna terdapat perbedaan yang signifikan skor
kecerdasan spiritual antara pre test dan post test.
Kesimpulan : Ada pengaruh yoga anak terhadap kecerdasan spiritual anak pra
sekolah di Desa Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen.
Saran : Diharapkan anak-anak mampu melaksanakan yoga anak ini secara rutin
untuk mendapatkan manfaat dari yoga anak terutama untuk mengembangkan
kecerdasan spiritual anak.
Kata Kunci : Yoga Anak, Kecerdasan Spiritual