Abstract :
penurunan jumlah ibu hamil yang melakukan kunjungan ANC.
Upaya percepatan penurunan AKI dilakukan dengan menjamin sehingga ibu bisa
mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas, seperti perawatan selama
kehamilan, persalinan, perawatan setelah melahirkan bagi ibu serta bayinya,
dengan fasilitas yang memadai. Cakupan kunjungan K1 dan K4 di Puskesmas
Leyangan dengan presentasi K1 sebesar (73%) dan presentasi K4 sebesar
(58,9%).
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan komunikasi bidan dengan
tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan ANC di Puskesmas
Leyangan Tahun 2020.
Metode Penelitian: jenis penenlitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
cross sectional. Analisa data univariat. Jumlah populasi 377 orang, sampel 40
orang dengan metode accidental sampling. Instrument penelitian kuesioner
tertutup.
Hasil Penelitian: Dari hasil penenlitian hubungan komunikasi bidan dengan
tingkat kepuasan ibu hamil sebagian besar cukup baik sejumlah 24 orang (62,5%),
sebanyak 24 orang (60,0%) menyatakan puas dan hasil analisis dengan Uji
Gamma Somers?d tidak ada hubungan antara Komunikasi Bidan dengan Tingkat
Kepuasan Ibu Hamil Dalam Mendapatkan Pelayanan ANC di Puskesmas
Leyangan Tahun 2020 (p=0,498).