DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI, MENGGUNTING, DAN MENEMPEL (3M) TERHADAP KOORDINASI MATA DAN TANGAN UNTUK ANAK 5 – 6 TAHUN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Khotimah, Khusnul
Taulany, Himmah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-08-30 07:14:48 
Abstract :
Kemampuan koordinasi mata dan tangan sangatlah penting untuk diasah sejak dini, karena akan berpengaruh terhadap diri anak kejenjang pendidikan lebih lanjut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa anak dalam kemampuan koordinasi mata dan tangannya belum berkembang dengan baik. Hal ini antara lain disebabkan oleh faktor dari kondisi anak itu sendiri yang mengalami kurangnya konsentrasi dan kurangnya minat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mengidentifikasi seberapa besar pengaruh kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) terhadap koordinasi mata dan tangan kepada anak usia 5 ? 6 tahun. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penelitian lapangan. Sampel terdiri dari 25 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian hasil karya anak. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan diterimanya persamaan regresi ? = 12,147 + 0,866 x1. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi mata dan tangan anak dapat diprediksi dari nilai ketrampilan kegiatan 3M. Kesimpulan yang diambil adalah kegiatan 3M (mewarnai, menggunting, dan menempel) berpengaruh terhadap koordinasi mata dan tangan anak. Diperoleh nilai R square atau R² = 0,961. Nilai tersebut menunjukkan bahwa varibel kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak dapat dijelaskan oleh variabel ketrampilan melakukan kegiatan 3 M sebesar 96,1 % dan masih ada 3,9 % variabel dependen dapat dipengaruhi atau diterangkan oleh variabel lain. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo