DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MEDIA PENYAMPAIAN MATERI PEMBELAJARAN DARING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Hastuti, Retno
Purwaningsih, Puji
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-09-07 02:04:47 
Abstract :
Latar belakang: Pandemi covid-19 telah merubah struktur sistem yang ada di Indonesia, salah satu yang terkena dampak adalah perubahan proses pembelajaran. Pembelajaran daring menyebabkan banyak mahasiswa yang mengalami kecemasan. Salah satu penyebab kecemasan pembelajaran daring adalah media penyampaian materi yang digunakan oleh dosen. Tujuan: Untuk mengetahui hubunga antara media penyampaian materi pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo di masa pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 3.240 mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsionate random sampling dengan sampel sebanyak 356 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan google form kuesioner E-learning media dan kuesioner DASS 42. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukan mahasiswa dengan kategori media penyampaian materi pembelajaran daring kurang dengan kecemasan berat sebanyak 147 mahasiswa (82,6%), mahasiswa yang menganggap media cukup dengan kecemasan sedang sebanyak 50 mahasiswa (43,9%) dan mahasiswa yang menganggap media baik dengan kecemasan ringan sebanyak 41 mahasiswa (64,1%). Hasil uji chi-square didapatkan nilai p-value 0,000 < ? 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan antara media penyampaian materi pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo di masa pandemi Covid-19. Saran: Diharapkan dosen dapat menggunakan media penyampaian materi yang menarik yang dapat mengurangi kecemasan selama pembelajaran daring sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan dengan baik. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo