Abstract :
Pengetahuan adalah suatu komponen yang penting dalam proses
perkembangan anak. Karena pengetahuan manusia akan mengembangkan dan
meningkatkan sikap dan perilaku yang didasari pengalaman. Covid-19 merupakan
penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru yang muncul pada akhir
tahun 2019 ditularkan melalui droplet manusia. PHBS adalah upaya yang
digunakan untuk mencegah terpapar virus. Pengetahuan siswa masih sangat
kurang dan belum melaksanakan PHBS secara baik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah sosilisasi di SDM
Patawang.
Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
Pre Experimental Design dengan rancangan one group pretest-posttest design
yang dilakukan di SDM Patawang di bulan januari 2021. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4,5 dan 6 sebanyak 68 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 40 responden, instrumen yang digunakan adalah kuesioner 10
soal. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil Penelitian diketahui analisa bivariat menunjukkan pengetahuan siswa -
2,150 dengan p-value 0,000 < ? (0,05), yang berarti ada perbedaan antara
pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi PHBS pada siswa di SDM
Patawang.
Simpulan Anak dapat menerapkan PHBS dilingkungan rumah maupun
dilingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga untuk
mencegah penularan COVID-19.