Abstract :
:Virus covid-19 yang menyerang dunia mengharuskan semua untuk
tetap dirumah. Pemerintah Indonesia mengupayakan untuk mengurangi penyebaran virus
di bidang pendidikan dengan menganjurkan belajar dirumah dengan metode pembelajaran
daring. Metode ini dapat mengakibatkan terjadinya cemas pada anak dimana banyak anak
yang kurang paham materi dan banyak tugas yang diberikan oleh guru, dalam hal ini
peran orangtu sangat penting dalam proses metode pembelajaran daring. pendidik,
pendorong,teman, pengawas dan konselor
Tujuan : mengetahui hubungan peran orangtua dengan tingkat kecemasan siswa selama
sistem pembelajaran daring pada msa pandemi di SD Sidomulyo 02 Kecamatan Jakenan
Kabupaten Pati. Desain penelitian : deskriptif korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Populasi penelitian ini adalah 150 siswa dengan jumlah sampel 60 responden
menggunakan proportional random sampling. Instumen yang digunakan adalah
kuesioner peran orangtua yang di buat oleh peneliti dan kuesioner baku Depression
Anxiety Stress Scale 21( DASS 21). Hasil uji bivariat mengunakan uji kolmogorov
smirnov
Hasil: peran orangtua siswa dalam kategori cukup (53,3%) dan tingkat kecemasan siswa
pada kategori ringan (36,7%). Hasil uji statistik didapatkan p value 0,000 yang artinya
terdapat hubungan peran orangtua dengan tingkat kecemasan siswa selama sistem
pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Sidomulyo 02 Kecamatan Jakenan
Kabupaten Pati. Kesimpulan : ada hubungan peran orangtua dengan tingkat kecemasan
siswa selama sistem pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Sidomulyo 02
Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati
Saran : diharapkan orangtua dapat meluangkan banyak waktu untuk mendampingi anak
dalam kegiatan pembelajaran metode daring dan selalu memberikan perhatian dan arahan
extra pada anak di masa pandemi