Abstract :
Salah satu dampak dari pembelajaran daring dimasa pandemi
covid-19 yaitu kecemasan. Kecemasan adalah perasaan tidak tenang yang samar-
samar karena ketidaknyamanan atau rasa takut yang terjadi pada siswa. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada siswa
SDN 1 Pegandekan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Survey Analitik. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional.
Tehnik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah
60 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mencakup variabel
yang akan diteliti.
Hasil: Tidak ada kecemasan 30,0% (18 orang), kecemasan ringan 35,0% (21
orang), kecemasan sedang 25,0% (15 orang), kecemasan berat 10,0% (6 orang).
Jaringan internet tidak stabil 81,7% (49 orang) dan jaringan internet stabil 18,3%
(11 orang), Kurang memahami materi 51,7% (31 orang) dan Memahami materi
48,3% (29 0rang), Kesulitan mengerjakan tugas 60,0% (36 orang) dan Tidak
kesulitan mengerjakan tugas 40,0% (24 orang).
Kesimpulan: Siswa SDN 1 Pegandekan mengalami tingkat kecemasan ringan
dalam proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19