Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Muhammad Rifa’i, Syaifudin
Zumrotul Choiriyyah, Choiriyyah
Susilo, Eko
Subject
RT Nursing
Datestamp
2021-09-24 02:28:26
Abstract :
Anak dengan disabilitas intelektual seringkali bermasalah karena kelemahan
atau kurangnya kemampuan pada anak yang disertai keterbatasan kemampuan
dalam kemandirian misalnya dalam hal makan, mengurus diri (oral higine, mandi,
berpakaian), dan kemandirian dalam hal toilet training. Oleh karena itu orang tua
perlu memiliki pengetahuan, strategi dan teknik pelaksanaan toilet training yang
baru dan unik untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat melakukan
toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran orang tua
terhadap toilet training pada anak disabilitas intelektual berdasarkan penelitian
terkait.
Desain penelitian literature review. Jumlah artikel yang digunakan 5 artikel
yang terdiri dari 4 jurnal indonesia dan 1 jurnal international. Sumber untuk
melakukan tinjauan literatur ini meliputi studi pencarian sistematis database
terkomputerisasi (Google Scholar dan PubMed) Jurnal yang dipergunakan dari
tahun 2010 sampai tahun 2020. Analisis menggunakan metaanalisis 5 jurnal.
Berdasarkan hasil ulasan 5 artikel yang dianalisa dapat disimpulkan bahwa
metode yang digunakan dalam 5 artikel baik desain, populasi, instrumen maupun
teknik analisa data mendukung rancangan penelitian untuk mengetahui gambaran
peran orang tua dalam toilet training pada anak disabilitas intelektual Kelima
artikel menyatakan orang tua sangat berperan terhadap toilet training pada anak
disabilitas intelektual. Peran orang tua dalam toilet training anak yaitu dari
pengetahuan, sikap, pola asuh dan yang dilakukan oleh orang tua.
Saran kepada orang tua anak dengan disabilitas intelektual diharapkan lebih
memahami dan melatih anaknya tentang toilet training sehingga dapat lebih
mandiri dalam aktivitas kesehariannya dan berperan langsung dalam melatih anak.