Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Sholihah Hafizhu Rahman, Shiba
Dyahariesti, Niken
Adi Pramana, Galih
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2021-09-27 02:09:09
Abstract :
Latar Belakang Rumah sakit merupakan organisasi non bisnis. Sebab dalam
memberikan pelayanan, rumah sakit mencari laba secukupnya agar dapat bertahan hidup.
Bauran pemasaran salah satu komponen dari strategi pemasaran. Bauran pemasaran pada
umumnya mencakup 4 komponen, yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Keempat
komponen ini sangat berperan terutama pada persaingan yang semakin tajam dan
perkembangan terhadap barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh bauran
marketing mix (produk, harga, promosi dan lokasi) terhadap loyalitas pelanggan di
rumah sakit.
Metode : Desain penelitian ini adalah kajian artikel. Penelitian ini di lakukan dengan
pengambilan kesimpulan dan penggabungan hasil penelitian dari 5 jurnal yang terindeks
tentang bauran pemasaran di Rumah Sakit.
Hasil : Dari kelima artikel tersebut penggunaan masing-masing metode yang digunakan
sudah relevan dengan tujuan yang dicapai. Hasil penelitian yang menunjukkan beberapa
aspek bauran pemasaran dari yang paling berpengaruh sampai yang kurang berpengaruh
atas pengambilan keputusan pasien menggunakan jasa di rumah sakit. Aspek produk dan
harga menjadi hal utama yang diperhatikan karena dapat mempengaruhi tingkat
kepuasan dan penentu keputusan dari pasien.
Simpulan : Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam review artikel adalah, bahwa
penggunaan strategi bauran pemasaran sangat berpengaruh terhadap pengambilan
keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan atau jasa di Rumah Sakit. Dari kelima
faktor (produk, harga, tempat, promosi, orang)tersebut memiliki hubungan dalam
mempengaruhi konsumen atau pasien dalam mengambil keputusan menggunakan jasa di
Rumah Sakit.
Kata Kunci : Bauran pemasaran, Rumah Sakit, loyalitas pelanggan