DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAURAN PEMASARAN MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI) TERHADAP LOYALLITAS PELANGGAN DI RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Sholihah Hafizhu Rahman, Shiba
Dyahariesti, Niken
Adi Pramana, Galih
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2021-09-27 02:09:09 
Abstract :
Latar Belakang Rumah sakit merupakan organisasi non bisnis. Sebab dalam memberikan pelayanan, rumah sakit mencari laba secukupnya agar dapat bertahan hidup. Bauran pemasaran salah satu komponen dari strategi pemasaran. Bauran pemasaran pada umumnya mencakup 4 komponen, yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Keempat komponen ini sangat berperan terutama pada persaingan yang semakin tajam dan perkembangan terhadap barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh bauran marketing mix (produk, harga, promosi dan lokasi) terhadap loyalitas pelanggan di rumah sakit. Metode : Desain penelitian ini adalah kajian artikel. Penelitian ini di lakukan dengan pengambilan kesimpulan dan penggabungan hasil penelitian dari 5 jurnal yang terindeks tentang bauran pemasaran di Rumah Sakit. Hasil : Dari kelima artikel tersebut penggunaan masing-masing metode yang digunakan sudah relevan dengan tujuan yang dicapai. Hasil penelitian yang menunjukkan beberapa aspek bauran pemasaran dari yang paling berpengaruh sampai yang kurang berpengaruh atas pengambilan keputusan pasien menggunakan jasa di rumah sakit. Aspek produk dan harga menjadi hal utama yang diperhatikan karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan dan penentu keputusan dari pasien. Simpulan : Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam review artikel adalah, bahwa penggunaan strategi bauran pemasaran sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan atau jasa di Rumah Sakit. Dari kelima faktor (produk, harga, tempat, promosi, orang)tersebut memiliki hubungan dalam mempengaruhi konsumen atau pasien dalam mengambil keputusan menggunakan jasa di Rumah Sakit. Kata Kunci : Bauran pemasaran, Rumah Sakit, loyalitas pelanggan 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo