DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI RAWAT JALAN PUSKESMAS MONTASIK PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSALAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Putri Wisuda Landri, Ristanti
Yuswantina, Richa
Pujiastuti, Anasthasia
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2021-09-27 02:36:25 
Abstract :
Puskesmas merupakan suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Di Puskemas Montasik sendiri di dapat kan bahwa kurangnya pelayanan tenaga kefarmasian ke pada pasien. Mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Montasik Nanggroe Aceh Darusalam berdasarkan dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangible) TUJUAN : Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian yang dilakukan di puskesmas Montasik Nanggroe Aceh Darusalam dan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Montasik Nanggroe Aceh Darusalam berdasarkan dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangible) METODE: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Montasik, pengambilan sampel dibagikan dengan cara inklusi dan ekslusi HASIL: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi pada pasien rawat jalan di Puskesmas Montasik berdasarkan tingkat kesesuaian kepuasan dan harapan secara keseluruhan adalah puas (nilai indeks 62,54%). Persentase tingkat kepuasan yang paling tinggi yaitu dimensi kehandalan dengan tingkat kepuasan sebesar 67,97% (puas),dimensi ketanggapan sebesar 62,16% (puas), dimensi empati sebesar 61,84 % (puas), dimensi bukti fisik sebesar 61,16% (puas) dan yang paling rendah yaitu dimensi jaminan dengan presentase 59,57% (kurang puas). SIMPULAN: Presentase Tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Montasik rata- rata puas, presentasi tingkat kepuasan yg paling rendah dari dimensi Jaminan 

Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo