DETAIL DOCUMENT
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP SURAT KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Nur Hawa, Afifah
Rohman, Abdul
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-09-28 04:02:15 
Abstract :
Latar Belakang : Setiap hal yang menyangkut kegiatan organisasi yang bersifat resmi selalu diwujudkan dalam bentuk surat. Kantor Kecamatan Jaken merupakan instansi pemerintah yang bertugas untuk menjalankan kewenangan pemerintah. Dalam menjalankan tugasnya, kantor terlibat dalam surat menyurat. Bagian Kepegawaian dan Umum menangani pengarsipan surat masuk dan keluar di Kantor Kecamatan. Berdasarkan hasil pengamatan saat ini masih ada beberapa kendala dalam pengarsipan surat meliputi pencatatan surat masuk dan surat keluar dilakukan dengan cara manual, tidak semua surat terarsipkan dengan baik, pembuatan penindaklanjut tujuan disposisi dari kepala bagian ke bagian bersangkutan yang terkadang memakan banyak waktu, dan hilangnya surat. Oleh karena itu, kantor kecamatan membutuhkan ?sistem informasi manajemen arsip surat? yang dirancang agar dapat mengolah arsip surat secara cepat, akurat dan rinci dalam penyimpanan dan pencarian dokumen yang dibutuhkan. Sehingga dapat mempercepat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Metode : Metode dalam pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara serta menggunakan jenis penelitian kualitatatif. Fokus dan instrumen penelitian dilakukan pada salah satu staff kepegawaian untuk mendapatkan informasi secara benar dan terpercaya. Hasil : Berdasarkan Hasil dari Sistem Informasi tersebut berjalan dengan baik dengan pengujian yang dilakukan dengan rentang nilai 100% blackbox, dan kuesioner 96% bahwa kesimpulannya sistem sudah sangat layak digunakan. Simpulan : Perancangan ini berupa sistem informasi arsip berbasis web yang dapat mengelola pencatatan surat masuk, surat keluar, pencarian surat, dan penyimpanan arsip secara digital. Kata kunci : pengarsipan, surat, arsip, kecamatan 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo