Abstract :
Sistem Manajemen Pembelajaran (SIMPel) SMAN 12 Semarang adalah
sistem yang menyediakan fitur fitur yang dgunakan untuk memudahkan
pembelajaran secara online. Sistem pembelajaran online di suatu sekolah berperan
sangat penting, dikarenakan dapat membantu pihak sekolah untuk meningkatkan
proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ketergunaan atau usability
dari SIMPel SMAN 12 Semarang. Terdapat empat aspek usability yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu effectiveness, efficiency, learnability, dan
satisfaction yang kemudian digunakan sebagai aspek penilaian. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui tingkat usability sistem bagi para user dengan
menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh user ketika menggunakan sistem.
Sebanyak 13 responden penelitian yang terdiri dari 3 responden staf administrasi,
5 responden guru, dan 5 responden siswa, dipilih untuk melakukan usability
testing pada sistem. Dari hasil evaluasi sistem yang dilakukan dengan responden
staf administrasi dan guru, didapatkan hasil aspek aspek effectiveness mencapai
97,5%, aspek efficiency 95,5%, aspek learnability 94%, dan aspek satisfaction
mencapai 88%. Sedangkan hasil pengujian yang dilakukan pada sistem dengan
responden alumni didapatkan nilai aspek effectiveness mencapai 100%, aspek
efficiency 100%, aspek learnability 93,6%, dan aspek satisfaction 88,8%. Dari
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa SIMPel SMAN 12 Semarang adalah
sistem yang sangat layak untuk digunakan dan sistem tersebut dapat digunakan
x
x
sesuai kebutuhan user. Hasil wawancara dengan responden menghasilkan
rekomendasi yang kemudian dapat digunakan untuk perbaikan sistem.
Kata Kunci: Evaluasi, Sistem Manajemen Pembelajaran, Usability, Usability
Testing