Abstract :
Saat ini dalam mempelajari bangun ruang hanya melalui sebuah papan tulis,
buku, serta ilustrasi yang ada dalam buku-buku biasa serta metode pembelajaran
yang digunakan selama ini masih metode yang konvensional. Pengembangan
aplikasi ini di latar belakangi oleh kurang nya pemahaman dan minat siswa MI
Wasilatul Huda Ngasem Bojonegoro terhadap mata pelajaran matematika salah satu
nya materi bangun ruang. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk membantu anak peserta didik sekolah dasar dalam
memahami objek bangun ruang serta untuk mengimplementasikan augmented
reality sebagai media pembelajaran supaya pembelajaran matematika lebih asyik,
interaktif dan menyenangkan.
Penelitian memakai metode penelitian Research and Development (R&D).
Produk di kembangkan menggunakan metode waterfall dan menerapkan metode
single Marker dalam objek 3D nya.
Berdasarkan hasil uji functional suitability aplikasi ini sangat layak di
gunakan sebagai media pembelajaran, dengan hasil uji usability 94,67% .
Dari hasil penelitian bisa di simpulkan bahwa media pembelajaran berbasis
android berupa augmented reality dengan menggunakan metode single Marker
sangat layak di gunakan serta dapat di implementasikan oleh guru dan siswa dalam
pembelajaran bangun ruang.
Kata kunci ? Augmented reality, Bangun Ruang, media pembelajaran, waterfall,
single Marker.