Abstract :
Latar Belakang: Sebagai sistem jaminan kesehatan nasional, BPJS diharapkan
dapat memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Namun, masih
banyak permasalahan yang timbul di rumah sakit atau Puskesmas terkait pelayanan
kepada pasien yang menggunakan JKN. Tingkat kepuasan pasien yang merupakan
peserta JKN terhadap layanan kesehatan di RSUD dr. Gondo Suwarno pada bulan
Mei 2023, didapati bahwa terdapat tingkat ketidakpuasan sebanyak 123 pelanggan.
RSUD dr. Gondo Suwarno memiliki rating kepuasan pasien terendah dengan angka
2,9. Berdasarkan beberapa studi awal, dapat disimpulkan bahwa masih ada
ketidakpuasan dari pasien terhadap penggunaan dan penerimaan layanan kesehatan
di RSUD dr. Gondo Suwarno. Buruknya manajemen rumah sakit dan kualitas
pelayanan medis bagi peserta JKN diidentifikasi menjadi penyebab kerugian, baik
bagi rumah sakit maupun pasien. Pasien yang tidak puas dengan suatu layanan
sebenarnya diam-diam memilih ke layanan pesaing. Hal ini menunjukkan bahwa
diamnya pasien merupakan pertanda buruk bagi rumah sakit. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien JKN di Poli Penyakit Dalam RSUD
Dr. Gondo Suwarno tahun 2023.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain deskrriptif dengan
pendekatan survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 responden dengan
menggunakan metode quota sampling. Pengumpulan data dengan wawancara,
observasi dan lembar kuesioner serta menggunakan analisa univariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden puas dengan
pelayanan di RSUD dr. Gondo Suwarno (95,8%) dan 4,2% responden menyatakan
kurang puas dengan pelayanan di RSUD dr. Gondo Suwarno dan dianggap
menjalankan Janji Layanan JKN dengan memberikan pelayanan yang mudah, cepat
dan setara.
Simpulan: Sebagian besar responden merasa puas dalam aspek aksebilitas
(mudahnya akses lokasi dan informasi). Dan sebagian masih merasa kurang puas
dalam aspek pelayanan (waktu tunggu dan ketepatan jadwal dokter poliklinik).
Kata Kunci: Status Kepesertaan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit