Abstract :
Waktu tunggu pelayanan resep mempengaruhi harapan pasien
terhadap pelayanan yang ada di rumah sakit khususnya pelayanan instalasi
farmasi rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
lama waktu tunggu pelayanan resep obat racikan dan non racikan pada instalasi
farmasi rawat jalan terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal.
Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan
studi cross sectional. Didapatkan sampel sebanyak 200 responden. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Data diolah
menggunakan analisis univariate dan bivariate menggunakan uji statistik chi
square.
Hasil : Waktu tunggu pelayanan obat racikan dan non racikan di instalasi farmasi
rawat jalan RSUD dr. H. Soewondo Kendal yang sesuai standar pelayanan
minimum sebesar 39,950% . Sedangkan kepuasan pasien di instalasi farmasi
rawat jalan RSUD dr. H. Soewondo Kendal dikategorikan dalam kategori puas
dengan persentase rata-rata sebesar 75.180% .
Simpulan : Pada uji statistik chi square diperoleh nilai p value = 0,056 dengan
nilai ? = 0,05 yang berarti ada pengaruh antara waktu tunggu pelayanan obat non
racikan dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD dr. H.
Soewondo Kendal dengan tingkat keeratan 0,134 yang berarti lemah.