Abstract :
Media video efektif digunakan dalam usaha untuk
meningkatkan pengetahuan seseorang terhadap suatu informasi, media tersebut
dapat memperlihatkan gambar yang bergerak dan memiliki suara. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan pasien
hipertensi dengan melakukan edukasi menggunakan media video pada pasien
hipertensi di Klinik Gracia Ungaran.
Metode: Pengambilan data dilakukan secara prospektif dengan melakukan
pengisian kuisioner sebelum dilakukan edukasi (prettest) dan (posttest) setelah
dilakukannya edukasi menggunakan media video untuk mengetahui tingkat
perubahan pengetahuan pasien hipertensi di Klinik Gracia Ungaran.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan pasien hipertensi paling banyak berusia 60-70
tahun. Data dikumpulkan melalui kuisioner sebelum (prettest) dan setelah
(posttest) edukasi menggunakan media video. Analisis data dilakukan dengan Uji
Wilcoxon untuk membandingkan tingkan pengetahuan sebelum dan sesudah
edukasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam
Tingkat pengetahuan pasien setelah edukasi (p < 0,05). Sebelum edukasi, 40%
responden dikategorikan memiliki Tingkat pengetahuan baik, 54% tingkat
pengetahuan sedang, dan 6% tingkat pengetahuan kurang.
Simpulan: Pemberian edukasi melalui media video secara signifikan terjadi
peningkatan, di mana 96% pasien mencapai tingkat pengetahuan baik.