Abstract :
Minat beli konsumen adalah faktor kunci yang memengaruhi keputusan
pembelian dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengidentifikasi pengaruh pemasaran
media social, harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada
UMKM pengrajin pandai besi. Saat ini UMKM Pengrajin Pandai Besi
menghadapi sejumlah tantangan dalam memanfaatkan media sosial secara efektif
untuk mempromosikan produk, mempertahankan standar kualitas produk yang
konsisten, mengelola keuangan dengan efisien, dan mendapatkan akses ke pasar
yang lebih besar.
Jenis penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu 100 orang pengrajin pandai besi di
Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah menggunakan rumus Lemeshow. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi liner berganda yang di
analisis menggunakan bantuan program SPSS 26.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Pemasaran media sosial memiliki pengaruh
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli, (2)
Harga memiliki pengaruh memiliki pengaruh yang negative dan signifikan
terhadap variabel minat beli, (3) Kualitas produk memiliki pengaruh memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli, dan (4)
Pemasaran media sosial, harga, dan kualitas produk secara simultan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.