Abstract :
Latar Belakang: Manajemen merupakan suatu proses mengelola lembaga dengan bantuan sumber daya yang ada. Anak berkebutuhan khusus sampai saat ini masih kurang dalam memperoleh pelayanan pendidikan, yang seharusnya memperoleh pelayanan pendidikan memadai disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang dapat diimplementasikan di sekolah agar anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak sebayanya di sekolah regular. Tujuan Penelitian: Menganalisis manajemen pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di KB/TK Anak Cerdas Ungaran Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator inklusi, guru kelas dan guru pendamping khusus. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran di KB/TK Anak Cerdas Ungaran. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: Manajemen pendidikan inklusi di KB/TK Anak Cerdas Ungaran pada tahap perencanaan menggunakan program asesmen. Tahap pengorganisasian kepala sekolah memberikan wewenang kepada koordinator inklusi. Tahap pengarahan dilakukan kepala sekolah kepada koordinator inklusi dilanjutkan pada guru pendamping khusus. Tahap pengawasan, kepala sekolah melakukan pengawasan untuk memastikan tujuan yang dirancang. Faktor yang pendukung manajemen pembelajaran diantaranya anak mampu berkomunikasi dan memahami instruksi serta adanya rotasi tempat duduk. Faktor penghambatnya anak memiliki emosi dan konsentrasi yang labil. Simpulan: Manajemen pembelajaran bagi ABK di KB/TK Anak Cerdas Ungaran telah menerapkan prinsip manajemen meliputi perencanaan, mengorganisasikan, pelaksanaan, pengawasan dan mengevaluasi. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus